Tuesday, April 29, 2014

Bersin-Bersin Dan Hidung Meler

Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin dan hidung meler ?

Bersin-bersin dan hidung meler bisa jadi merupakan gejala penyakit flu dan juga penyakit lainnya seperti penyakit radang selaput lendir hidung (Rhinitis). Perbedaannya, jika pada penyakit flu disebabkan oleh virus dan biasanya disertai dengan gejala demam serta juga sakit kepala, sedangkan pada Rhinitis tidak disertai dengan gejala demam ataupun sakit kepala dan bisa disebabkan oleh faktor alergi dan juga faktor non-alergi.

Jika gejala bersin-bersin dan hidung meler yang Anda alami sangat sering terjadi atau hampir setiap hari, kemungkinan besar Anda menderita penyakit Rhinitis. Rhinitis pun ada banyak jenisnya, diataranya ada Rhinitis Alergi dan juga ada Rhinitis Non-alergi.

Jika Anda sering bersin dan hidung meler ketika di picu oleh material-material alergen tertentu seperti serbuk sari tanaman, debu, tungau, spora jamur yang mungkin terbawa udara dan terhirup oleh hidung, kemungkinan besar Anda mengalami gejala rhinitis alergi.

Namun jika Anda sering bersin-bersin dan hidung meler-nya bukan disebabkan karena alergen-alergen tersebut, kemudian Anda tidak punya riwayat alergi, dan Anda lebih sering bersin-bersin saat pagi hari atau setelah bangun tidur, maka itu tandanya Anda menderita rhinitis non-alergi yang disebut Rhinitis Vasomotor.

Rhinitis vasomotor adalah peradangan selaput lendir hidung akibat terganggunya saraf yang mengatur pelebaran atau penyempitan pembuluh darah pada hidung. Peradangan tersebut bisa mengakibatkan hidung meler, hidung mampet dan juga bersin-bersin.

Pemicu rhinitis vasomotor yaitu karena seseorang sangat sensitif terhadap suhu udara dingin, perubahan temperatur yang cukup drastis, perubahan cuaca lingkungan, perubahan tekanan udara, kelembaban udara. Selain itu faktor perubahan hormon, rangsangan seksual, dan faktor keadaan emosional (stress) juga bisa mempengaruhi timbulnya gejala vasomotor rhinitis.

Perbedaan rhinitis vasomotor dan rhinitis alergi yaitu pada faktor pemicunya. Karena gejala yang timbul sangatlah mirip, sehingga sering kali orang sulit membedakannya.

Gejala rhinitis alergi dan gejala rhinitis vasomotor hampir sama, yaitu sering bersin-bersin, hidung mampet, hidung meler, hidung dan mata agak gatal, dan mata bisa sampai mengeluarkan air. Rhinitis vasomotor ini masih sulit untuk didiagnosa dan masih menjadi wacana dalam dunia medis karena proses dan penyebab terjadinya kondisi ini sangat sulit dimengerti.

Saat tubuh atau sebagian kulit penderita vasomotor rhinitis terpapar oleh suhu udara yang agak dingin maka antibodi sistem kekebalan akan bereaksi dan memicu pelepasan histamin. Misalnya sering bersin-bersin pada pagi hari yang mana udara sering kali lebih dingin dibandingkan dengan siang atau malam hari, atau juga suka bersin-bersin berkali-kali saat menginjak lantai yang dingin.

Karena reaksi bersin-bersin dan hidung meler ini melibatkan pelepasan histamin, biasanya gejala tersebut bisa diredakan dengan obat-obatan antihistamin yang juga sering di resepkan oleh dokter.

Menurut para dokter spesialis THT yang pernah saya temui, penyakit rhinitis alergi tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya dapat di kontrol dengan cara menghindari alergen atau faktor-faktor pemicunya.

Lalu bagaimana dengan rhinitis vasomotor, Apakah bisa disembuhkan? Saat ini belum ada obat yang khusus untuk menyembuhkan rhinitis hingga seratus persen benar-benar sembuh. Namun gejala rhinitis vasomotor bisa di tekan hingga gejalanya sangat jarang terjadi lagi dengan cara melakukan treatment-treatment tertentu.

Saya sendiri adalah penderita vasomotor rhinitis dan dulu sering bersin-bersin serta hidung meler hampir tiap pagi. Kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas kerja saya dan membuat saya tergantung pada obat-obatan dari dokter. 
Namun untungnya ada orang lain yang berbagi pengalaman cara mengatasi bersin secara alami di situs www.mengatasibersin.com, berkat panduan didalamnya sekarang saya sudah jarang bersin-bersin.

Jika Anda juga suka bersin-bersin terus menerus, hidung meler dan hidung mampet, apalagi sudah berlangsung sangat lama dalam hidup Anda, maka saya sarankan Anda untuk membaca e-book mengatasi bersin, didalamnya terdapat panduan cara mengatasi gejala bersin-bersin akibat rhinitis secara alami dan langkah demi langkah. 

2 comments:

  1. Saya sendiri sering sekali bersin-bersin dan hidung meler kalo terkena dingin di pagi hari sejak saat kuliah dulu, semoga masih bisa disembuhkan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas infonya, kebetulan saya juga sering mengalami hal tersebut.

    ReplyDelete