Monday, April 28, 2014

Bersin-Bersin di Malam Hari atau Tengah Malam

Sering bersin-bersin di malam hari atau bersin-bersin saat tengah malam terutama ketika tubuh ter-ekspos oleh udara dingin, hal tersebut kemungkinan besar merupakan gejala dari Rinitis Vasomotor.

Rhinitis vasomotor adalah penyakit peradangan pada hidung yang sering kali disebabkan oleh suhu dingin, perubahan suhu lingkungan terhadap suhu tubuh dan terjadi pada kondisi tubuh tertentu (dengan kata lain bisa sering terjadi namun tidak terjadi setiap saat).

Vasomotor rhinitis merupakan jenis rhinitis non-alergi (non-allergic rhinitis) yang mana disebabkan karena pembuluh darah dalam hidung meluas/mengembang akibat faktor-faktor gangguan yang ada dilingkungan sekitar, misalnya gejala bersin-bersin akibat suhu udara dingin di malam hari.

Perluasan/pengembangan pembuluh darah pada hidung tersebut bisa memicu atau mengganggu kelenjar lendir sehingga mengkibatkan hidung terasa mampet dan hidung mengeluarkan banyak cairan lendir/ingus.

Vasomotor rhinitis tidak disebabkan oleh alergi seperti halnya pada rhinitis alergi. Gejala rhinitis vasomotor sering kali dialami oleh orang yang memang tidak punya riwayat alergi pada keluarganya.

Pada banyak kasus, gejala bersin-bersin akibat rhinitis vasomotor ini sering kali terjadi pada pagi hari terutama setelah bangun tidur, namun pada orang-orang tertentu bisa juga terjadi pada saat malam hari.

Gejala rhinitis vasomotor dan gejala rhinitis alergi hampir sama sehingga banyak orang yang tidak bisa mebedakannya. Kesamaan gejalanya yaitu sering bersin-bersin terus menerus secara berulang-ulang, hidung tersumbat, hidung meler, hidung dan mata agak gatal. Perbedaanya adalah dari pemicunya saja.

Berbeda dengan rhinitis vasomotor, pada rhinitis alergi pemicu umumnya adalah alergen-alergen pemicu gejala alergi seperti debu rumah, tungau, serbuk sari, spora jamur, dan bulu binatang tertentu. Sedangkan pada rhinitis vasomotor, pemicu umumnya tidak spesifik dan tidak menimbulkan pembentukan antibodi akibat reaksi alergi seperti halnya pada rhinitis alergi.

Catatan: Pada beberapa kasus ada juga orang yang menderita rhinitis alergi dan juga menderita rhinitis vasomotor secara bersamaan.


Mengatasi sering bersin-bersin di malam hari:

Terapi yang paling mudah adalah dengan menghindari penyebab terjadinya bersin-bersin, dalam kasus Anda berarti udara dingin di malam hari. Anda dapat meminimalisirnya dengan menggunakan baju hangat saat tidur, memakai selimut, pindah keruangan yang lebih hangat, dan matikan AC atau kipas angin jika Anda menggunakannya.

Pengobatan yang umum diberikan dokter pada penderita rhinitis biasanya yaitu obat-obatan antihistamin yang mana bisa mengurangi gejala bersin-bersin dan hidung meler. Sedangkan untuk meredakan hidung tersumbat biasanya disarankan mengkonsumsi obat dekongestan oral.

Pengobatan lainnya yang mungkin disarankan yaitu dengan menggunakan obat semprot hidung (nasal spray) khusus untuk penderita rhinitis agar tidak mudah bersin-bersin.

Untuk menggunakan obat-obatan kimia tersebut sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter agar diberikan keterangan merek dan dosis yang cocok.

Jika dengan obat-obatan tidak mempan dan Anda masih sering mengalami bersin-bersin saat malam hari atau tengah malam, Anda juga bisa mencoba mengatasi bersin dengan cara-cara yang alami seperti dijelaskan dalam ebook mengatasi bersin. Keuntungan dari menggunakan bahan-bahan alami yaitu bisa terhindar dari efek samping negatif obat.

E-book panduan mengatasi bersin-bersin secara alami tersebut bisa Anda peroleh dengan mudah di situsnya www.mengatasibersin.com. Harganya saya rasa cukup murah dan jika Anda adalah orang yang sering bersin-bersin karena rhinitis alergi maupun bersin-bersin karena rhinitis vasomotor maka saya sangat merekomendasikan Anda untuk membaca dan mengikuti langkah-langkah didalamnya.

Sekian, terima kasih telah membaca dan mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Kalo saya suka bersin-bersin dan pileknya kalo subuh pagi hari.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya, kebetulan suami saya suka sekali bersin-bersin kalo malam dan pagi hari.

    ReplyDelete