Thursday, May 1, 2014

Bersin-Bersin Berlebihan dan Berkepanjangan

Apakah Anda suka bersin-bersin berlebihan atau bersin-bersin berkepanjangan? Bisa jadi itu adalah gejala penyakit Rinitis (Rhinitis).

Penyakit rinitis adalah penyakit peradangan mukosa atau selaput lendir hidung, yang bisa disebabkan beberapa hal, seperti disebabkan infeksi virus misalnya peradangan yang diakibatkan penyakit flu, kemudian ada peradangan mukosa hidung yang disebabkan reaksi alergi seperti penyakit Rhinitis Alergi, dan ada juga peradangan yang disebabkan oleh faktor lainnya yang bukan karena alergi (Rhinitis Non-Alergi).

Bersin-bersin yang berlebihan dan berkepanjangan biasanya disebabkan karena seseorang menderita rhinitis, karena jika bersin-nya karena penyakit flu atau pilek biasanya tidak terjadi secara berkepanjangan dan bisa diobati dalam beberapa hari dengan hanya meminum obat flu, baik itu obat flu dari warung ataupun obat flu dari dokter/apotek.
Jika Anda sering mengalami bersin-bersin terus di tempat yang banyak debu atau di luar rumah yang lingkungannya banyak berterbangan serbuk sari, itu tandanya Anda alergi pada debu atau pada serbuk sari tanaman yang mungkin terbang terbawa udara. Dalam dunia medis penyakit ini sering disebut Rhinitis Alergi atau "hay fever". 
Pencetus gejala rinitis alergi lainnya yang umum ditemui yaitu alergi pada spora jamur, atau partikel pada hewan berbulu tertentu. Rhinitis alergi biasanya diderita oleh orang yang memiliki riwayat alergi dan riwayat penyakit asma pada keluarganya.

Tapi jika Anda sering bersin-bersin berlebihan-nya pada saat tertentu saja, misal bersin-bersin pada saat di pagi hari, bersin-bersin setelah bangun tidur, bersin-bersin ketika habis mandi atau terkena air misalnya, maka hal tersebut merupakan ciri-ciri dari gejala rhinitis vasomotor (jenis Rhinitis Non-Alergi).

Rhinitis vasomotor adalah jenis rinitis yang mana sering terjadi pada orang yang sistem saraf vasomotor-nya terganggu. Vasomotor adalah sistem saraf yang mengatur pelebaran atau penyempitan pembuluh darah. Gangguan tersebut bisa mengganggu pembuluh darah di hidung, mengakibatkan peradangan dan menyebabkan pembengkakan sehingga hidung jadi serasa tersumbat dan juga mengeluarkan lendir secara berlebihan.

Gejala rinitis vasomotor ini sering kali muncul ketika tubuh penderita terpapar oleh udara dingin di pagi hari saat baru bangung tidur. Pemicu lainnya yaitu suhu udara dingin, perubahan suhu drastis, angin dari AC, tekanan dan kelembaban udara, cuaca dingin, wangi-wangian yang menyengat, faktor hormonal, dan juga faktor dari dalam tubuh lainnya yang mana sangat kompleks dan sulit di pahami penyebabnya hingga saat ini.

Penyakit rhinitis, baik itu rhinitis alergi maupun rhinitis vasomotor merupakan penyakit yang cukup sulit diobati, namun gejalanya bisa dikurangi dengan cara mengkonsumsi obat-obatan seperti obat antihistamin yang bisa meredakan bersin-bersin terus dan meredakan hidung meler.

Meskipun penyakit rhinitis sulit di obati, namun bukan berarti Anda harus putus harapan. Saya juga dulu sering sekali mengalami bersin-bersin secara berlebihan terutama waktu pagi saat baru bangun tidur. Kejadian ini terjadi hampir setiap hari dan sangat mengganggu aktivitas harian.

Namun untungnya ada yang orang yang berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi bersin-bersin dalam ebook yang di jual di situs www.mengatasibersin.com. Sejak saya mengikuti panduan didalamnya secara teratur, perlahan-lahan penyakit bersin-bersin yang saya alami hilang dan jadi sangat jarang lagi bersin-bersin.

Jika Anda sering bersin-bersin terus menerus dan berulang kali, saya sangat menyarankan Anda untuk mengikuti panduan yang ada dalam ebook mengatasi bersin, siapa tahu Anda juga bisa sembuh dari penyakit bersin tersebut.

4 comments:

  1. Saya sering bersin-bersin berkepanjangan hingga berkali-kali dan terjadi hampir tiap pagi..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasi yang cukup panjang ini, hehe, sangat bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  3. kok bukan obat atau herbal yang ditawarkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ketergantungan pada obat-obatan, baik itu obat kimia ataupun obat herbal. Pada dasarnya obat adalah racun, dan penggunaaanya harus tepat dan sesuai dengan penyakit, termasuk obat herbal yang beredar dipasaran.

      Delete